Home Top Ad

Responsive Ads Here

Kebutuhan yang meningkat terkadang tidak dibarengi dengan pendapatan yang meningkat. Itulah mengapa masyarakat masih bergantung pad...

Untung Rugi Pinjam Dana Secara Online





Kebutuhan yang meningkat terkadang tidak dibarengi dengan pendapatan yang meningkat. Itulah mengapa masyarakat masih bergantung pada orang atau lembaga lain saat harus pinjam dana demi memenuhi kebutuhan tersebut.

Kemampuan manajerial finansial yang rendah tentu saja akan menyulitkan jika harus terus menerus mengandalkan pinjaman. Akan tetapi, bagi yang sudah melek finansial, pinjaman bukan dijadikan untuk utang konsumtif melainkan untuk kebutuhan produktif atau kebutuhan darurat. Sehingga lebih menguntungkan secara ekonomi.

Tumbuhnya fintech yang menyediakan dana secara online mau tidak mau diakui sebagai salah satu jalan keluar ketika debitur kesulitan mengajukan pinjaman kepada lembaga keuangan konvensional. Akan tetapi, di tengah masyarakat sendiri keberadaanya pun menjadi sebuah kontroversi. 

Oleh karena itu, sebaiknya kamu juga simak beberapa poin untung rugi pinjam dana melalui fintech berikut ini.

Keuntungan Pinjam Dana Secara Online 

Proses Pendaftaran Mudah dan Cepat

Ada beberapa keuntungan yang dirasakan ketika berhadapan dengan fintech. Fintech tidak membatasi debitur dengan ruang dan tempat. Karena pendaftaran dapat dilakukan hanya dengan menggunakan aplikasi.

Seperti layanan yang diberikan oleh Kredivo. Salah satu perusahaan pinjaman online tepercaya yang sudah terdaftar di OJK. Alur pendaftaran menjadi calon debitur 100 persen dilakukan hanya melalui aplikasi resmi yang bisa diunduh secara langsung di Google Play Store maupun App Store dengan sangat mudah.

Prosesnya juga cepat tidak membutuhkan waktu berhari-hari. Umumnya proses verifikasi data dan persetujuan pendaftaran diproses dalam waktu 1x24 jam saja. 

Dari data-data yang disubmit oleh calon nasabah, sudah dilakukan analisa oleh machine learning yang canggih sampai bisa memberikan output kredit limit yang pantas diberikan kepada calon debitur.

Pengajuan Pinjaman Cukup Melalui Aplikasi

Selain proses pendaftaran melalui aplikasi, proses pengajuan pinjaman pun bisa dilakukan lewat aplikasi tanpa harus datang ke kantor. Jika disetujui, dana akan langsung ditransfer ke rekening yang didaftarkan.

Kredivo menyediakan dua opsi pinjaman yaitu pinjaman mini dan pinjaman jumbo dengan bunga hanya 2.95% per bulan saja. Bunga tersebut jauh lebih rendah jika dibandingkan dengan perusahaan lain yang memberikan bunga hingga 1% per hari.

Syarat dan Ketentuan Bisa Dipelajari dengan Mudah

Pada umumnya, fintech yang sudah terdaftar di OJK wajib memberikan informasi dan ketentuan bagi debitur secara transparan seperti ketentuan bunga, biaya administrasi, hingga denda saat pinjaman jatuh tempo.

Informasi-informasi ini tertera di website resmi mereka atau bisa melalui aplikasi saat melakukan simulasi pinjaman. Dengan begitu, debitur bisa mengetahui risiko yang harus dihadapi serta mempertimbangkan besarnya pinjaman sesuai dengan kemampuan finansial.

Kerugian Pinjam Dana Secara Online

Suku Bunga Tinggi

Fintech memang memiliki suku bunga yang tinggi. Hal tersebut merupakan konsekuensi karena pinjaman yang diberikan tidak perlu menggunakan agunan ataupun jaminan. Sementara risiko tertinggi sebetulnya ada pada perusahaan yang memberikan pinjaman. Oleh karena itu, bunga tinggi merupakan konsekuensi dari kondisi yang ada.

Jika debitur lebih jeli lagi dalam membandingkan fintech yang ada di Indonesia. Masih ada kok fintech yang memberikan bunga rasional seperti Kredivo. Standar bunga pinjaman lembaga keuangan konvensional adalah antara 1%-3% per bulan. Ukuran tersebut bisa dijadikan benchmark dalam memilih fintech yang memberikan bunga yang masuk akal. 

Potensi Data Disalahgunakan

Beberapa nasabah mengeluh bahwa data-data mereka diperjualbelikan kepada pihak ketiga. Indikasinya terjadi karena ada beberapa sms penawaran pinjaman online dari nomor-nomor yang tidak dikenal.

Hal tersebut bisa terjadi jika sudah terlanjur mengajukan pinjaman pada fintech ilegal. Hampir setiap bulan OJK melakukan operasi siber untuk mengawasi dan memonitor keberadaan fintech yang tidak mengikuti aturan baku dari OJK.  

Oleh karena itu, OJK berharap calon debitur lebih cerdas lagi ketika memilih perusahaan yang memberikan kemudahan pinjaman. Jangan mudah tergiur dengan kemudahan yang diberikan tanpa meneliti terlebih dahulu riwayat perusahaan. Pastikan dulu bahwa perusahaan sudah terdaftar resmi di OJK untuk menghindari potensi kerugian yang lebih besar.


0 comentários: