Home Top Ad

Responsive Ads Here

Contempedia - Apakah anak ibu sering merasa gatal-gatal setelah makan telur, makan seafood, makan kacang, atau minum susu sapi?? Pernah bu?...

Kenali Alergi Makanan Pada Anak

Contempedia - Apakah anak ibu sering merasa gatal-gatal setelah makan telur, makan seafood, makan kacang, atau minum susu sapi?? Pernah bu? Apa sih sebenarnya alergi makanan itu? Yuk bu ibu kita belajar lebih dalam lagi ya tentang alergi pada anak biar kita paham jika anak kita mengalaminya dan pastinya agar tidak terlambat mengatasinya. 

Alergi makanan adalah reaksi yang timbul dari dalam tubuh akibat kandungan zat yang ada di dalam makanan yang tidak bisa diterima oleh tubuh dan akan dilawan oleh tubuh karena dianggap sebagai benda asing sehingga dapat menimbulkan gejala-gejala alergi. Biasanya bahan-bahan yang menyebabkan alergi adalah makanan dengan kandungan protein tinggi seperti telur, susu sapi, kacang, kedelai, dan lain-lain.
 
 

Sebenarnya apa sih yang menyebabkan alergi? Sebenarnya alergi adalah bakat bawaan yang diturunkan dari orangtua istilahnya diturunkan secara genetik. Jadi jika ibu atau ayah mempunyai riwayat alergi kemungkinan besar anak-anak nya pun akan mengalami alergi karena sifat alergi itu diturunkan. Alergi diturunkan lebih besar dari ibu karena anak selama dalam kandungan mendapat suplai darah dari ibu jadi jika sifat alergi bisa ditransfer dari ibu melalui pertukaran darah saat masih dalam kandungan, selain itu sifat alergi juga dapat ditransfer melalui ASI oleh ibu, tapi bentuk alerginya bisa berbeda dengan ibu, tidak selalu sama. Misalnya ibu alergi telur, anak bisa tidak alergi telur tapi justru alergi kacang misal. Jadi yang diturunkan adalah bakat alerginya bukan zat pencetus alerginya. Jadi tidak selalu apa yang ibu makan saat masih memberi ASI tidak menyebabkan alergi pada anak.

Selain diturunkan dari orangtua alergi juga dapat disebabkan oleh lingkungan, dan gaya hidup seperti makanan dan kebersihan. Sering makan tinggi protein juga akan menimbulkan alergi di kemudian hari. Selain itu bisa juga karena paparan asap rokok, alkohol, pola makan ibu saat hamil dan menyusui, dan lain sebagainya. Tapi gak semua faktor-faktor penyebab itu bekerja pada setiap individu, faktor-faktor itu kemungkinan besar muncul jika seseorang sudah mempunyai bakat yanh diturunkan tapi juga tidak menutup kemungkinan pada orang yang tidak memiliki bakat sama sekali, jadi tetap harus waspada.

Kapan sih kita tahu kalau anak kita mengalami alergi pada suatu makanan? Kapan kita tahu, alergi makanan akan muncul sesaat setelah makanan masuk ke dalam tubuh, tanda nya bisa berupa gatal-gatal, merah-merah pada kulit, suara serak, bahkan yang paling berat adalah gagal nafas. Jadi ibu harus memerhatikan betul anak makan apa sehingga jika timbul alergi dapat langsung diobati dan tidak meimbulkan bahaya bagi anak. Jadi alergi itu muncul langsung setelah anak makan makanan yang bisa menimbulkan alergi pada anak tersebut. Sekali lagi tiap orang berbeda jadi bisa anak ibu alergi dengan makanan jenis ini, tapi anak ibu yang lain tidak dan bahkan alergi dengan makanan jenis yang lain. Karena alergi sifatnya individu.

Alergi makanan biasanya terjadi pada tahun pertama kehidupan anak, yaitu usia 0-1 tahun. Mengapa sering terjadi pada usia ini? Karena pada usia ini organ pencernaan anak belum berkembang sempurna. Jika ada makanan yang masuk dan organ perncernaan belum siap dan makanan tidak dapat diolah dengan sempurna oleh enzim pencernaan, hal tersebut dapat menimbulkan alergi pada anak tersebut. Alergi tersebut dapat berlanjut hingga dewasa dan ada pula yang sembuh dan tidak berulang kembali.

0 comentários: