Home Top Ad

Responsive Ads Here

Buah pisang, buah sejuta umat. Sebagian besar orang menyukainya karena rasanya yang enak, harganya yang murah, dan mudah didapatkan. Pisan...

Pisang: beda warna kulitnya, beda manfaatnya


Buah pisang, buah sejuta umat. Sebagian besar orang menyukainya karena rasanya yang enak, harganya yang murah, dan mudah didapatkan. Pisang memiliki kalori yang tinggi, mengenyangkan sehingga sering dijadikan pilihan bagi orang-orang yang ingin menurunkan berat badan. Pisang sangat baik untuk tubuh kita karena mengandung berbagai macam zat yang penting bagi tubuh. Tetapi banyak orang tidak tahu bahwa berbeda warna kulit pisang kandungannya pun berbeda dan memiliki khasiat yang berbeda pula. Yuk simak berikut ini:



1.   Pisang dengan warna kulit kehijauan

Kulit yang kehijauan ini menandakan pisang belum matang dengan sempurna. Karena belum matang sempurna inilah kandungan glukosa pada pisang masih rendah sehingga pisang ini sangat cocok dikonsumsi oleh penderita diabetes melitus tipe 2 yang tidak diperbolehkan mengkonsumsi banyak glukosa. Selain itu pada pisang dengan kulit kehijauan ini juga mengandung pati resisten jadi tidak akan mengganggu kerja insulin. Pisang ini juga mengandung serat yang cukup tinggi tetapi pisang ini memiliki kadar antioksidan yang lebih rendah dan rasanya pun kurang manis.

2.   Pisang dengan warna kuning segar

Kulit kuning segar menandakan pisang sudah matang. Kadar glukosanya lebih tinggi dari pada kulit hijau tapi tidak terlampau tinggi. Kadar seratnya juga sangat tinggi. Pisang dengan kulit kuning segar ini cocok untuk dikonsumsi oleh orang-orang yang ingin menurunkan berat badan.


3.  Pisang dengan warna kulit kuning dan bintik bintik hitam

Lah, pisang seperti ini adalah pisang yang mengandung anti oksidan paling tinggi sehingga bagus untuk dikonsumsi. Tetapi memang kadar glukosa pada fase ini sudah tinggi jadi pisang akan terasa sangat manis. Tapi tetap tidak bagus untuk penderita diabetes melitus tipe 2 namun bagus dikonsumsi oleh orang sehat karena akan mendetox tubuh dengan kadar anti oksidannya tersebut selain itu pisang pada fase ini juga mengandung zat anti inflamasi sehingga dapat menyembuhkan inflamasi yang terjadi dalam tubuh anda.

Itulah perbedaan kandungan dan manfaat dari masing-masing warna kulit pisang. Jika anda mengkonsumsi pisang sesuaikan dengan kebutuhan anda. Agar setiap makanan yang kita makan akan berfaedah untuk tubuh kita bukan malah membawa mala petaka untuk diri kita sendiri karena apa yang kita makan akan sangat berpengaruh dengan keadaan tubuh kita di masa yang akan datang. Jangan sampai kita mengikuti hawa nafsu kita untuk sesaat tetapi akan menyesal di hari kemudian.  

Satu lagi, ada satu tips dalam membeli pisang. Jangan anda membeli pisang-pisang di supermarket yang terlihat begitu bagus dan kuning, kebanyakan orang banyak milih pisang yang seperti ini karena memang terlihat lebih bagus dan lebih segar tetapi pisang seperti ini malah banyak menggunakan bahan-bahan kimia dalam menumbuhkannya. Maka lebih baik anda membeli pisang di pasar-pasar tradisional karena pisang tersebut masih alami. Jarang sekali para petani menggunakan pestisida untuk menumbuhkan pohon pisangnya. Kebanyakan dari mereka membiarkan pohon pisang tumbuh subur dengan sendirinya. Di sawah-sawah mereka pisang mereka biarkan tumbuh di tepi-tepi petak sawahnya bahkan tidak dirawat tetapi tetap tumbuh subur dan dapat dipanen sehingga benar-benar masih alami. Selain masih alami pisang-pisang lokal tersebut juga memiliki harga yang jauh lebih murah karena tidak melalui jalur distribusi yang panjang yang akan memakan biaya transportasi dan akomodasi yang banyak.

Sekian, semoga bermanfaat

0 comentários: