Home Top Ad

Responsive Ads Here

Tidak semua orang bisa membeli mobil bekas, ketika anda memutuskan membeli mobil bekas, anda harus lebih selektif dalam memilih dan m...

Cara selektif dalam membeli mobil bekas


mobil-bekas

Tidak semua orang bisa membeli mobil bekas, ketika anda memutuskan membeli mobil bekas, anda harus lebih selektif dalam memilih dan membeli mobil bekas. Terkadang membeli mobil bekas sering jadi pilihan, karena membeli mobil bekas kita dapat menyesuaikan berapa bajet yang kita punya. Kita membeli mobil di showroom atau dieler merupakan solusi yang tepat bagi orang-orang yang binggung dalam menentukan pilihan kendaraan yang diinginkan. Disitulah anda dapat menemukan beberapa jenis mobil dengan berbagai merk, tahun keluaran, hingga harga yang lebih variatif.

Dalam memilih dan membeli mobilpun anda harus lebih cermat dan teliti, karna sekarang makin marak showroom yang menjual mobil bekas dengan penampilan luar yang bagus tapi sebenarnya sudah bobrok.
Jika tidak cermat dan tidak teliti dalam memilih, tentunya  anda akan merugi di kemudian hari. Oleh karena itu ada beberapa tips dalam memillih mobil bekas di showroom yaitu:

Bekali Diri dengan Informasi

Sebelum anda melihat-lihat mobil  showroom atau dieler mobil bekas, anda harus membekali diri Anda dengan informasi dengan melakukan riset online. Karna  saat ini cukup banyak situs oneline yang menyediakan berbagai ulasan mengenei mobil bekas secara lengkap.
Carilah jenis mobil yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Setelah anda menentukan pilihan yang harus anda lakukan adalah survey harga mobil dipasaran dan spesifikasinya. Jangan lupa catat informasi tersebut sehingga anda dapat langsung membandingkan saat berkonsultasi dengan pihak showroom atau dieler.

 Jangan Tergoda Harga Murah

Ketika anda memutuskan membeli mobil bekas di showroom, bukankah anda menginginkan harga yang murah bukan? Anda juga harus berhati-hati ketika anda mendapatkan harga promo, jangan tergesa-gesa untuk membelinya. Sebaiknya cek dulu tentang kebenaran promo tersebut, karna biasanya semua itu dilakukan sebagai iming-iming agar pembeli datang ke showroom. 
Ada pepatah jawa  mengatakan  ” ngowo rego,ngowo rupo”. Maksud dari pepatah tersebut adalah jika harganya yang ditawarkan tinggi maka kualitas barang juga bagus, begitu juga sebaliknya jika harga yang ditawarkan murah anda juga harus waspada akan kualitas mobil tersebut.  

Tanyakan riwayat Kendaraan

Jika anda sudah menemukan pilihan mana mobil yang di inginkan, anda juga harus mengecek latar belakang dari kendaraan tersebut. Tanyakan pada pihak showroom misalnya alasan dijualnya mobil oleh pemiliki lama, riwayat kerusakan, dan bukti servis.
Bukti servis juga penting, karna anda bisa tau bagaimana pemilik mobil lama dalam merawat mobil dengan baik, dan jika pemilik mobil lama sering merawat dan mengecek mobil biasanya dapat meminimalis kerusakan pada mobil.

Cek Kondisi Fisik Mobil

Menanyakan riwayat sajapun belum cukup membuat anda yakin pada kondisi mobil bekas yang akan anda beli, maka dari itu  lakukan pengecekan menyaluruh pada eksterior dan interior kendaraan tersebut. 
Jika sudah melakukan pengecekan bagian eksterior dan interior, jangan lupa melakukan pengecekan pada kondisi mesinnya. Jangan mudah terpukau dengan kondisi mesin yang bersih dan mengkilap karena itu saja tidak bisa menjamin kondisi dan kualitas pada mobil. 
Hal ini emanglah sangat sulit bagi anda  yang masih awam, apalagi belum tau seluk beluk tentang mesin mobil. Bawa teman atau kenalan mekanik Anda yang lebih memahami tentang baik buruknya kualitas mobil. 

Lakukan Test Drive

Supaya anda lebih yakin dengan mobil bekas pilihan dari showroom, cobalah untuk meminta test drive. Anda tentu lebih mudah menilai dan merasakan kenyamanan dari mobil tersebut ketika membawanya melaju di jalan.

Periksa Dokumen Kendaraan

Ketika salah satu mobil sudah menjadi pilihan, Langkah selanjutnya dalam membeli mobil bekas adalah memeriksa kelengkapan dokumennya. Cek beberapa dokumen misalnya surat penting BPKB dan STNK untuk dicek keasliannya. Selain itu cocokkan nomer mesin dengan nomer mesin yang tertera pada kendaraan dengan dokumen asli..
Perhatikan pula kapan pajak habis pada lembar pajak yang biasanya ada dibalik STNK, jika pajak sudah habis atau sudah melebihi batas waktu perpajakan maka anda dapat meminta keringanan harga.
Jadi, agar anda tidak kecewa atau merugi dalam membeli mobil sebaiknya anda lebih selektif  dengan menggunakan  jasa pengecekan mobil untuk memastikan kondisi  dan kualitas mobil tersebut.

0 comentários: