Home Top Ad

Responsive Ads Here

Contempedia - Masalah cegukan ternyata tidak hanya dialami oleh orang dewasa saja, namun bayi pun juga bisa mengalami cegukan, bahkan s...

Penyebab dan Cara Menghilangkan Cegukan Pada Bayi

Contempedia - Masalah cegukan ternyata tidak hanya dialami oleh orang dewasa saja, namun bayi pun juga bisa mengalami cegukan, bahkan sejak dalam kandungan. Kontraksi diafragma yang selanjutnya diikuti penutupan pita suara merupkan salah satu penyebab dari cegukan. Pada saat pita suara tertutup, suara cegukan tersebut akan langsung muncul.  Untuk orang yang usianya dewasa mungkin hal ini dirasa begitu mengganggu. Namun, jika terjadi pada bayi justru tidak akan terpengaruh, bahkan bisa tetap tidur lelap meskipun sedang cegukan.  Pada umunnya cegukan yang terjadi pada bayi ini juga tidak begitu mengganggu masalah pernafasan bayi, sehingga pada umumnya sang bayi tetap bisa merasa nyaman.


Penyebab Cegukan Pada Bayi

Salah satu penyebab cegukan  yaitu terjadi pada saat otot-otot diafragma tiba-tiba terjadi kontraksi yang disebabkan  oleh iritasi atau stimulasi pada otot. Ada juga yang mengatakan jika cegukan pada bayi penyebabnya yaitu dari aktifitas makan atau minum seperti halnya menyusu ASI, susu formula atau karena jenis makanan lain. Penyebab cegukan pada bayi selanjutnya juga bisa karena adanya penurunan suhu bayi dengan cara mendadak, misalnya mandi air dingin maupun bayi terkena udara yang dingin. Cegukan pada bayi ini sebenarnya tidak berbahaya, melainkan cegukan parah yang dapat mengganggu makan serta tidur. Bayi dengan penyakit GERD mungkin akan mengalami cegukan denga frekuensi yang lebih sering, disertai dengan muntah, batuk dan juga rewel.

Cara Menghilangkan Cegukan Pada Bayi

Cara menghilangkancegukan pada bayi yang pada umumnya dilakukan yaitu dengan membiarkan cegukannya itu berhenti sendiri. Akan tetapi, selama cegukannya ini tidak sampai menjadika bayi anda tersiksa. Akan tetapi, cegukan yang dibiarkan mungkin bisa mengganggu kenyamanan dari bayi tersebut. Maka dari itu, berikut ini adalah cara menghilangkan cegukan pada bayi yang bisa anda lakukan di rumah.

Perbaiki Posisi Bayi Menyusui

Apabila bayi mengalami cegukan pada waktu sang ibu sedang menyusui,  anda bisa mencoba perbaiki posisi menyusui guna membatasi jumlah udara yang masuk di mulut bayi tersebut.  Sebaiknya posisi kepala bayi lebih tinggi dari perutnya  ketika menyusu. Apabila bayi masih terus mengalami cegukan, sebaiknya jangan anda susui terlebih dulu.

Sendawakan

Sesudah anda selesai menyusui atau menyuapi MPASI,  sebaiknya anda berusaha menyendawakan anak anda tersebut. Bersendawa di antara suapan makan atau setelah menyusu ternyata bisa membantu mengeluarkan gas serta bisa membantu mengeluarkan gelembung udara yang ada di dalam perut. Hal ini dapat untuk menghindari terjadinya cegukan pada bayi.

Gendong

Cara menghilangkan cegukan pada bayi juga bisa anda lakukan dengan ara menggendongnya. Jadi, ketika bayi tersebut mengalami cegukan, sebaiknya anda mencoba menggendong anak anda dalam posisi tegak berdiri.  Anda juga bisa menepuk dengan lembut punggung  anak anda. Tujuannya yaitu untuk membantu mengeluarkan gas yang ada dari dalam perutnya. Pada posisinya ini, udara bisa mengalir dengan lancar dari dalam perut  bayi dan bisa untuk mengurangi cegukannya.

Memberikan Sesuatu Untuk Dihisap

Cara menghilangkan cegukan pada bayi bisa anda lakukan dengan cara memberikan barang untuk dihisap sang bayi. Sebab, mengisap sesuatu seperti dot, empeng, maupun putting susu ibu bisa membantu mengurangi serta meredakan cegukan yang terjadi pada bayi. Gerakan mulut pada waktu mengisap itu memberi tipuan sedotan pada perut bayi. Sehingga, dengan cara ini bisa dipercaya untuk merangsang sendawa dan meredakan anak yang mengalami cegukan. Namun jika ceguka yang terjadi pada bayi sudah sangat parah dan mengganggu, maka anda sebaiknya membawanya ke dokter.

0 comentários: