Home Top Ad

Responsive Ads Here

Sudahkah kamu menentukan destinasi wisata untuk liburan yang akan datang? Apabila belum, mungkin kamu bisa memilih Pulau Sumba untuk m...

6 Spot Menarik untuk Menikmati Pesona Pulau Sumba


Sudahkah kamu menentukan destinasi wisata untuk liburan yang akan datang? Apabila belum, mungkin kamu bisa memilih Pulau Sumba untuk menghabiskan jatah libur panjang. Yup, di kepulauan timur Indonesia ini ternyata bukan hanya Lombok yang menyimpan banyak keindahan. Pesona Pulau Sumba pun siap memanjakan kamu dengan spot-spot yang luar biasa indahnya.



Di pulau ini terdapat banyak sekali deretan pantai yang indah, perbukitan, hingga perkampungan tradisional yang menarik untuk dikunjungi. Tentu ini akan menjadi liburan yang mengesankan bagi kamu yang kesehariannya sibuk dengan berbagai tanggung jawab pekerjaan dan hingar-bingar keramaian jalanan kota.

Berikut adalah 6 spot kece yang bisa kamu nikmati ketika berada di Pulau Sumba.

     1.      Pantai Nihiwatu

Berjalan di sekitar pantai dengan pemandangan sunset mungkin sudah biasa bagi kamu. Tapi ada pemandangan lain yang bisa kamu lihat di pantai ini. Di pantai Nihiwatu ini kamu akan disuguhi pemandangan pantai beserta kuda-kuda yang berlarian di sepanjang pantai. Bahkan wisata air yang ada di pantai ini dikenal sebagai pantai terbaik di Asia.

Sedikit berbeda dengan pantai lainnya, tidak sembarang pengunjung bisa masuk ke area pantai. Pantai ini dikelola oleh resort internasional sehingga penjagaannya pun begitu ketat.

     2.      Desa Praijing

Kamu yang merindukan suasana yang tenang sangat disarankan berkunjung ke Desa Praijing. Desa ini dibangun di atas perbukitan dan warga setempat masih menjaga kearifan lokal yang ada. Disekeliling Desa Praijing ini terdapat hutan dan pepohonan yang menjulang.

Selain itu, desa ini juga menjadi destinasi para pecinta sejarah karena wilayah ini sudah didaulat sebagai situs dengan batu-batu megalitik. Di desa ini juga rumah yang disebut dengan Uma Bokulu (Rumah Besar) dan Uma Mbatangu (Rumah Menara). Bahkan kamu juga dapat melihat warga setempat menenun kain ikat

Untuk dapat menikmati suasana di Desa Praijing ini kamu harus menghadap kepala adat terlebih dulu. Desa ini terletak di sekitar 46 km dari Tambolaka. Untuk dapat menuju ke titik ini kamu bisa menuju ke Waikabubak lebih dulu.

      3.      Rumah Adat Ratenggaro

Di Sumba juga terdapat rumah adat yang terbuat dari bambu dan atapnya setinggi 25 meter. Ratenggaro berasal dari kata “Rate” : kuburan, dan “Garo” : orang-orang Garo.

Rumah Adat Ratenggaro memiliki 4 tingkat: Tingkat pertama untuk tempat hewan peliharaan, tingkat kedua untuk tempat tinggal pemilik rumah, tingkat ketiga untuk menyimpan hasil panen dan tingkat keempat untuk menaruh tanduk kerbau yang merupakan simbol kemuliaan.

     4.      Pantai Mbawana

Di pantai ini kamu akan mendapati lengkungan unik, ada juga batu karang yang berlubang dan berdiri kokoh di pinggir pantai. Jika dari pusat Kota Tambolaka, setidaknya kamu membutuhkan waktu 1 jam untuk bisa sampai di Pantai Mbawana. Agar perjalanan lebih lancar, tidak ada salahnya kamu memanfaatkan jasa travel. Ini akan memudahkan kamu menjelajahi pesona Pulau Sumba.

     5.      Danau Weekuri

Danau ini mempunyai air yang warnanya kebiruan. Pemandangan sekitar danau juga semakin indah karena banyak batu karang dan pepohonan. Uniknya kandungan air danau ini adalah air payau dan air asin karena danau Weekuri berbatasan dengan laut.

     6.      Waikelo Sawah

Sesuai dengan namanya, Waikelo Sawah ini menyuguhkan pemandangan yang menyejukkan. Bentuknya seperti gua alami dengan lebar 4 meter dan tinggi 3 meter. Di sana juga terdapat kolam yang airnya tenang dan jernih.

Demikianlah 6 spot yang bisa kamu nikmati ketika berlibur di Pulau Sumba. Jangan lupa membawa kamera untuk mengabadikan momen liburan ya. Agar liburan semakin berkesan, tidak ada salahnya jika liburan yang akan datang kamu turut mengajak teman-teman untuk bersama-sama menikmati pesona Pulau Sumba.

0 comentários: